Seorang Pria Rela Menjual Vespanya Untuk Konservasi Penyu

Seorang Pria Rela Menjual Vespanya Untuk Konservasi Penyu

Berita Otomotif – Lihat populasi penyu telah mulai sedikit, warga Sumatera Barat, bernama Pati Hariyose ini mengambil keputusan untuk bertindak.

Seorang Pria Rela Menjual Vespanya Untuk Konservasi PenyuPemuda yang menjabat jadi Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Samudera Pasir Jambak itu mengaku, awalannya tak ada yang perduli dengan populasi penyu di lokasi Pasir Jambak.

Mulai sejak 2014, cuma ia sendiri yang coba melestarikan penyu itu, dari mulai telur hingga jadi tukik.

” Sebelumnya, banyak yang menyepelekan saya, ingin ngapain anda tinggal sendiri cuma untuk penyu. Telur penyu yang ada, seringkali di jual warga cuma untuk kebutuhan pribadi, dengan harga Rp300 beberapa ribu, ” katanya di tempat.

Karenanya, saat penyu mulai bertelur di lokasi pantai, Hariyose mengubahkan telur itu ke tempat penampungan, supaya tidak digunakan orang yg tidak bertanggungjawab.

Sesudah telur itu menetas, tukik dipindahkan ke bak khusus yang berisikan air laut bersih.

” Untuk buat penampungan telur serta tukik ini, saya jual tiga motor Vespa. Uang itu saya gunakan juga untuk membuat pendopo kecil-kecilan. Lantaran lihat keseriusan saya, pada akhirnya sebagian warga juga menolong angkut air laut ke penampungan penyu, ” katanya sembari meneteskan air mata.

Lihat keseriusan Hariyose, PT Astra Daihatsu Motor mengambil keputusan untuk berikan pertolongan. Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra menyebutkan, perusahaannya menginginkan selalu memberi dukungan pergerakan pelestarian penyu di Indonesia.

Kata dia, penyu yaitu satu diantara binatang yang usianya panjang. Uniknya, penyu juga akan kembali pada tempat lahirnya sesudah 30 tahun berkelana.

” Binatang ini telah hidup dari jaman purba. Dapat terbayang, binatang ini telah melalui histori panjang. Dari tujuh jenis penyu yang berada di dunia, enam macamnya itu berada di Indonesia. Jadi, usaha Hariyose untuk melestarikannya itu mesti ditiru. Saya bangga, ” tutur Amelia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *